Selasa, 03 Desember 2013

Tepung Terigu

Tepung Terigu (Wheat Flour) merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan kue atau pastry. Tepung Terigu dihasilkan dari penggilingan biji gandum yang telah dikupas dan melalui beberapa proses. Jenis tepung terigu yang ada di pasaran bisa dibedakan berdasarkan kandungan protein (gluten)nya. Kandungan protein inilah yang membedakan pula penggunaan tepung terigu sebagai bahan kue. Jenis jenis tepung terigu adalah sebagai berikut :

1. Tepung Terigu Berprotein Tinggi
Dengan kandungan protein >12.5 % jenis tepung ini sering kita jumpai di pasaran dengan merk Cakra Kembar, Cakra Emas. Penggunaannya banyak dipakai sebagai bahan baku pembuatan makanan yang prosesnya menggunakan ragi, misalnya roti dan donat. Kadar proteinnya yang tinggi membuat jenis tepung ini akan membentuk adonan yang liat dan kalis apabila dicampur dengan bahan cair. 

2. Tepung Terigu Berprotein Sedang
Dengan kandungan protein 10-11 % tepung ini disebut juga tepung serbaguna (All Purpose Flour). Disebut demikian karena tepung ini bisa digunakan sebagai bahan utama dalam aneka macam jenis makanan. Mulai dari cake baik bakar maupun kukus, hingga gorengan. Merk yang ada di pasaran misalnya Segitiga Biru.

3. Tepung Terigu Berprotein Rendah
tepung jenis ini memiliki kandungan protein 8-9 %, tidak banyak menyerap air, sehingga apabila diolah akan menghasilkan tekstur makanan yang renyah. Cocok penggunaannya untuk kue kering dan pie, namun jenis tepung ini juga menghasilkan tekstur yang baik jika digunakan sebagai bahan campuran dalam adonan bakpao. Salahsatu merk yang beredar di pasaran dari jenis tepung ini adalah Kunci Biru.

Itu tadi penjelasan singkat tentang jenis tepung terigu. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang bahan, tentunya akan memudahkan kita untuk menghasilkan makanan dengan rasa dan tekstur yang baik. 

Happy Baking..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar