Selasa, 10 Desember 2013

5 Tips Dasar Membuat Kue


Baking bukanlah sebuah aktivitas yang sulit yang memerlukan keahlian khusus atau bakat untuk membuat kue dengan kecakapan yang luar biasa. Yang Anda butuhkan adalah sedikit pengetahuan dasar, beberapa bahan-bahan berkualitas tinggi dan frosting mengkilap cantik untuk membuat kue yang baik. Dan pada akhirnya, percayalah pada selera Anda. Sebuah resep yang baik selalu dibuat dengan inovasi dan improvisasi pada standar yang disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan Anda.
Berikut adalah 5 pengetahuan dasar tentang baking yang harus anda pahami.

1. Temperatur 
Saat preparasi selalu posisikan semua bahan Anda pada suhu ruangan. Bahan seperti telur akan bisa mengembang  maksimal ketika berada di suhu kamar. Kuning dan putih telur harus dipisahkan, dan putih harus dikocok hingga berbusa. Namun jangan berlebihan, karena jika over beat putih telur bukannya berbusa tetapi akan berubah menjadi air. Hal yang sama berlaku untuk mentega dan gula, keduanya akan optimal diolah berada pada suhu kamar. Penganginan adalah kunci untuk mendapatkan sponge cake yang ringan dan lembab.  

2. Mengukur 
Bahan kering harus diukur atau ditimbang dalam gelas ukur atau timbangan bersih dan kering. Tepung, misalnya, harus diratakan dengan sendok dalam gelas ukur sebelum dicampur atau diayak dengan sisa bahan. Kebanyakan resep menginstrusikan untuk mencampur bahan kering terlebih dahulu dan kemudian dicampur dengan bahan basah. Adalah baik untuk mengikuti aturan urutan penambahan bahan, sehingga langkah-langkah tadi tidak berubah atau terlupakan. 

3. Mencampur 
Jangan berlebihan dalam mencampur (mixing) adonan kue. Jika bahan kering telah tercampur dengan baik dengan bahan basah, maka cukupkan dan jangan berusaha untuk mengaduknya lagi dan lagi, karena hal itu dapat membuat hasil dari cake yang Anda buat berakhir bantat. Gluten adalah protein yang terkandung dalam tepung. Gluten menjadi semakin baik dengan pencampuran. Pada proses pembuatan roti, dimana dalam pengadukan adonan (menguleni)semakin lama kita menguleni, akan semakin kalis adonan sehingga roti yang dihasilkan memiliki tekstur yang kenyal. 

4. Pemanasan 
Pemanasan oven adalah langkah yang paling penting yang tidak boleh dihindari atau dilupakan. Suhu harus ditetapkan sebelum meletakkan kue di dalam oven. Kurang panas maka kue tidak akan mengembang dengan baik, kurangnya kecoklatan, dan teksturnya mentah. Ini adalah salah satu kesalahan yang paling umum. 

5. Uji Cake 
Setelah kue Anda telah dimasukkan dalam oven, tunggu sampai tiga perempat dari waktu pembakaran telah berlalu sebelum Anda membuka pintu oven. Tiap oven mempunyai karakteristik sendiri, begitu juga suhunya. Hal ini dilakukan agar anda bisa memperkirakan apakah perlu penambahan waktu panggang dari yang ditetapkan dalam resep. Oleh karena itu, penting untuk menjaga cek dengan menggunakan tester kue.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar