Jumat, 06 Desember 2013

Pancake Ngangenin Buatan Istri

Siapa yang belum tahu sama yang namanya pancake..? Selain untuk kudapan, kue dadar satu ini juga biasa dimakan saat sarapan, nemenin minum teh atau kopi di sore hari. Sesuai judul, kali ini saya mau berbagi resep pancake ngangenin buatan istri saya. Kenapa saya bilang ngangenin, karena selain enak, wangi, teksturnya lembut dan empuk, juga karena bikinnya jarang jarang. Makanya suka kangen pengen dibuatin lagi. Karena gak ada foto penampakan pancake nya, sebagai ilustrasi saya tampilkan foto hasil googling biar sobat semua bisa lebih mudah menginderanya. Catet resepnya ya..

Bahan-bahan :
 
200 gr tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
2 sdm gula pasir (kalo suka manis boleh ditambah)
1 sdt baking powder 
1/4 sendok teh garam 
2 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
220 ml susu cair
1 sdt vanilla essence (biar wangi) 
30 gram margarin, dilelehkan

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kering (tepung, gula pasir, baking powder, garam) hingga rata, kemudian sisihkan.
2.  Kocok putih telur hingga mengembang, di wadah yang lain, kocok kuning telur hingga berwarna pucat.
3. Tuang sedikit sedikit susu cair ke dalam campuran bahan kering, tambahkan vanilla essence, aduk hingga tercampur menjadi adonan. 
4. Tuang putih dan kuning telur, aduk dari bawah ke atas, terakhir masukan margarin cair, aduk rata.
5.  Tutup dan diamkan adonan kurang lebih 10 menit sebelum dimasak.

Untuk memasaknya panaskan wajan teflon yang telah diolesi margarin, tuang adonan seukuran sendok sayur, tunggu hingga permukaannya berbuih, lalu balik. Gunakan api kecil ya, agar pancake matang merata dengan warna kuning kecoklatan atau istilahnya golden brown. 

Finishingnya sih menurut selera dan kreativitas sobat semua saja, bisa dengan siraman madu, sirup, topping buah, taburan meses, gula halus, saus coklat, atau es krim. Cakep juga kan kalau pancake ini buat bekal si kecil ke sekolah, daripada jajan di luar yang belum jelas higienisnya, kan mending bawa bekal hasil olahan di rumah. 

Sekian dulu sharing resepnya, semoga bermanfaat buat sobat semua. Selamat mencoba ya.. 
Happy Baking.. :)


2 komentar: