Sabtu, 07 Desember 2013

Mengenal Choux Pastry

Pernah dengar istilah Choux Pastry ? Choux Pastry (pengucapannya "shoo pastri") adalah nama adonan yang terbuat dari campuran mentega, air, tepung, dan telur. Berasal dari bahasa Perancis yaitu Pate a choux yang secara literal berarti pasta kubis karena bentuknya yang menyerupai kubis. Adonan ini dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk serta merupakan adonan dasar dari pembuatan kue sus, profiterole, croquembouche, eclair, dan masih banyak lagi. 

image of pastryandsports.blogspot.com
Adonan choux pastry ini berbeda dengan kebanyakan produk pastry yang lain, karena harus dimasak dulu sebelum dioven. Perbedaannya lagi, choux pastry ini tidak menggunakan bahan pengembang seperti baking powder dan ragi. Setting temperatur tinggi pada separuh pertama periode pengovenan membuat kandungan telur dalam adonan naik membentuk lapisan luar yang sedikit lebih keras. Sedangkan uap yang terperangkap akan memuai, membuat adonan mengembang dan menjadikan rongga di dalam.  

profiteroles image from bbc.co.uk
Beragam variasi jenis bahan digunakan sebagai filling. Tekstur lembut dan rasanya yang gurih cocok dipadu padankan dengan isian apapun baik manis maupun asin. Di Indonesia, choux pastry dikenal dengan nama kue sus. Berbentuk bundar berongga dengan isian vla, daging, ataupun custard. Bentuk kue sus merujuk pada cream puff yang dikenal di luar sana. Sedangkan eclair adalah cream puff yang berbentuk lonjong memanjang, dan dicelupkan ke dalam coklat leleh untuk bagian toppingnya. Sedangkan profiterole adalah semacam puff pastry namun berukuran lebih kecil. Disebut juga croquembouche ketika dihidangkan secara massal, tiap tiap profiterole ini disusun hingga menyerupai kerucut, kemudian disiram dengan saus. 

image of lemoncakery.com

Itu tadi review singkat tentang choux pastry, semoga bermanfaat buat sobat semua. Happy baking.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar